6 Langkah Mudah untuk Meredakan Hidung Mampet

6 Langkah Mudah untuk Meredakan Hidung Mampet

Berita Terbaru Hidung yang tersumbat dapat benar-benar mengganggu kegiatan serta memunculkan rasa tidak nyaman. Dari mulai ingus yang mendadak menetes, suara jadi terdengar lucu saat sedang bicara, dan lain-lain.

Beberapa orang menduga hidung terhalang karena kebanyakan lendir di aliran hidung. Tetapi, hidung yang terhalang sebetulnya dikarenakan oleh pembuluh darah yang meradang di sinus. Pembuluh yang teriritasi ini umumnya dipacu oleh pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus.

Lepas dari pemicu hidung terhalang, ada cara-cara gampang yang dapat kamu kerjakan untuk meredakannya. Tersebut 6 hal yang bisa kamu kerjakan untuk menurunkan hidung tersumbat.

6 Langkah Mudah untuk Meredakan Hidung Mampet

Pakai kompres air hangat
Kompres hangat bisa menolong menangani hidung terhalang lewat cara buka aliran hidung di luar. Untuk bikin kompres hangat ini cukup gampang, rendam handuk terlebih dulu dengan air hangat. Peras air dari handuk, lalu lipat serta tempatkan di atas hidung serta kepala. Kehangatan dari kompres bisa memberi rasa nyaman dari rasa sakit serta menolong menurunkan peradangan di lubang hidung. Kamu dapat mengulang langkah berikut kapan juga waktu dibutuhkan.

Mengonsumsi dekongestan
Dekongestan bisa menolong kurangi pembengkakan serta kurangi rasa sakit pada aliran hidung yang teriritasi. Diluar itu, dekongestan dapat kamu temukan tanpa ada resep dokter. Dekongestan ini ada dua bentuk, yakni semprotan hidung serta pil. Dekongestan berbentuk semprotan hidung yang umum yakni, oxymetazoline serta phenylephrine. Sedang pil dekongestan yang umum terhitung pseudoephedrine.

Meskipun dapat didapat tanpa ada butuh resep dokter, tapi dekongestan harus tetap dipakai dengan berhati-hati. Dekongestan tidak bisa dikonsumsi sepanjang lebih dari tiga hari tanpa ada pengawasan dokter. Karena umumnya sesudah tiga hari, dekongestan malah bisa membuat hidung tersumbat makin kronis.

Pakai humidifier
Humidifier adalah langkah paling mudah dan cepat untuk kurangi rasa sakit pada hidung serta menurunkan hidung terhalang. Mesin ini merubah air jadi uap air yang dengan perlahan-lahan isi udara serta tingkatkan kelembapan. Hirup udara lembab dari humidifier ini bisa menentramkan jaringan yang teriritasi serta pembuluh darah di seputar sinus yang membengkak. Humidifier ini dapat kurangi lendir di sinus. Ini bisa menolong mengosongkan cairan di hidung serta membuat pernafasan jadi kembali normal.

Semprotan air garam atau saline
Menyemprotkan cairan garam di hidung bisa tingkatkan kelembapan di lubang hidung. Semprotan ini menolong mencairkan lendir di aliran hidung serta kurangi peradangan pembuluh darah dan menolong kosongkan cairan dari hidung. Semprotan air garam ini bisa kamu beli dengan bebas di apotek, bahkan juga ada pula semprotan garam atau saline yang terhitung obat dekongestan. Walau demikian, semprotan saline tidak bisa dipakai dengan asal-asalan.

Mengonsumsi obat antihistamin
Kamu dapat juga minum obat antihistamin atau alergi bila pemicu hidung terhalang ialah akibatnya karena reaksi alergi. Kedua jenis obat ini bisa kurangi pembengkakan pada aliran hidung serta menolong hilangkan sumbatan hidung. Gabungan obat-obatan yang memiliki kandungan antihistamin serta dekongestan bisa menurunkan desakan sinus serta pembengkakan yang dikarenakan oleh reaksi alergi. Namun, obat ini mempunyai resikonya yakni bisa mengakibatkan kantuk hingga kamu harus memerhatikan waktu mengonsumsi obat ini.

Mandi air panas
Mandi air panas dapat juga jadi jalan keluar dalam menangani hidung mampet, karena uap dari air panas menolong menipiskan lendir di hidung serta kurangi peradangan.

Kamu dapat juga memperoleh dampak yang sama juga dengan hirup uap dari air panas. Ini triknya, simpan air panas ke baskom atau wadah yang lain. Tempatkan handuk di atas kepala serta tempatkan kepala di atas wadah berisi air panas. Biarlah muka terserang uap, serta tarik napas dalam-dalam. Berhati-hati, supaya uap tidak membakar muka.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *