Rambut Bayi Baru Lahir Dicukur atau Tidak?

Rambut Bayi Baru Lahir Dicukur atau Tidak?

Berita Terbaru Memang jika mencukur habis rambut bayi baru lahir adalah satu rutinitas yang dikerjakan oleh warga Indonesia. Ada banyak tradisi yang menjelaskan, mencukur rambut bayi baru bisa dikerjakan setelah hari ke-7 mereka lahir. Tetapi, beberapa adat baru membolehkan rambut bayi dicukur waktu usianya 40 hari.

Ada bermacam fakta yang melatar belakangi adat mencukur habis rambut bayi baru lahir ini. Dari mulai fakta kebersihan, lambang buang karakter yang tidak diharapkan dari kehidupan waktu dulu atau sinyal hidup baru buat si kecil, sampai fakta yang umumnya seringkali diakui oleh warga Indonesia: supaya rambut bayi tumbuh lebat serta lebih sehat.

Tetapi, apakah benar bayi baru lahir memang lebih baik dibotakin?

Menurut pakar perinatologi dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr. Rosalina Dewi Roeslani, Sp.A(K) rambut bayi bisa saja dicukur, tetapi bisa pun tidak. Jadi tidak ada hal tentu atau alasan medis yang sebetulnya bisa jadi fakta mengapa rambut bayi harus dicukur habis atau dibotakin, Moms.

Rambut Bayi Baru Lahir Dicukur atau Tidak?

Kenyataannya, sebegitu banyak atau dikit rambut bayi Anda waktu lahir atau seperti apa struktur serta warna rambutnya, semua bersumber pada unsur genetika. Keadaan rambut bayi waktu dilahirkan pun tidak memastikan rambutnya sampai dewasa.
Dr. Rosalina dalam situs sah Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menerangkan jika rambut halus yang dipunyai bayi semenjak lahir serta diketahui dengan panggilan velus, sebetulnya akan rontok dengan sendirinya. Hal tersebut berlangsung sebab semenjak di kandungan sampai selama umur manusia, rambut akan melalui tiga babak perkembangan, yakni babak tumbuh, babak istirahat serta babak terlepas.

Nah, rambut bayi yang tumbuh semenjak di kandungan, biasanya akan gugur dalam enam bulan pertama sesudah bayi lahir ke dunia. Sesudah rambut yang tercipta dalam kandungan gugur, akan tumbuh rambut baru yang sifatnya permanen serta ikuti siklus perkembangan rambut dengan alamiah.

Tidak itu saja, dalam banyak masalah, rambut satu orang saat dewasa selanjutnya terlihat jauh berlainan dari rambut aslinya waktu baru lahir.

Ya Moms, rambut si kecil yang tumbuh di kandungan lalu gugur atau rontok bisa tumbuh kembali jadi lebih jelas, lebih gelap, lebih keriting atau lebih lurus. Umumnya, rambut bayi mempunyai struktur yang halus serta tidak menebal serta jadi kasar sampai anak sampai umur 6 atau 7 tahun.

Berarti, bila ada yang menjelaskan jika mencukur atau memangkas rambut bayi dapat membuat rambutnya jadi terlihat tebal, sehat atau sampai beberapa kondisi lain yang Anda harap, ini nyatanya tidak benar.

Walau demikian, semua balik lagi pada pilihan semasing orangtua, apa ingin rambut bayinya dicukur habis ataukah tidak. Yang pasti, bila Anda ingin memangkas rambut bayi, yakinkan saja keamanan serta kenyamanan si kecil, ya!

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *