Pemerintah Menerbitkan SBR007

Pemerintah Menerbitkan SBR007

Berita Terbaru Diketahui saat ini bila pihak kementerian Keuangan (Kemenkeu) memutuskan target indikatif sebesar Rp2 triliun dari penerbitan Surat Utang Negara (SUN) berbentuk Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR007.

Angka itu sama dengan target indikatif penerbitan surat utang awalnya, yaitu SBR006. Instrumen itu diedarkan pada April 2019 kemarin.

“Target masih sama. Ini kan penerbitan seringkali ya ada beberapa jenis produk, ada konvensional serta sukuk. Sasaran masih sama Rp2 triliun,” ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan Luky Alfirman, Kamis 11 Juli 2019.

Dia menjelaskan investor ritel telah bisa mulai beli pada 11 Juli sampai 25 Juli 2019. Imbal hasil (yield) yang ditawarkan dari mulai 7,5 % per tahun.

Pemerintah Menerbitkan SBR007


“Polanya floating with the floor. Berarti, jika suku bunga Bank Indonesia naik itu akan sesuai juga. Tapi, jika suku bunga turun ada batasan di 7,5 %,” jelas Luky.

Investor ritel, sambung ia, dapat beli SBR007 minimum Rp1 juta serta optimal Rp3 miliar. Pemerintah bekerja bersama dengan beberapa perbankan, perusahaan sekuritas, serta perusahaan teknologi finansial (financial technology/fintech) pasarkan instrumen ini.

“Jika dahulu SBR006 jumlahnya partner distribusi cuma 14, saat ini kami perlebar kerja sama juga dengan 20 partner distribusi,” papar Luky.

Beberapa perbankan sebagai partner distribusi, contohnya PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Permata Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), serta PT Bank Maybank Indonesia Tbk.

Selanjutnya, perusahaan sekuritas yang dapat layani pembelian SBR007 ialah PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk, PT Danareksa Sekuritas, serta PT Bahana Sekuritas.

Surat utang ritel ini jatuh tempo pada 10 Juli 2021 akan datang. Nanti, pembayaran kupon akan dilaksanakan tiap tanggal 10 dengan pembayaran kupon pertama kali pada 10 September 2019.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *