Dari Mana Asal Ketombe?

Dari Mana Asal Ketombe?

Berita Terbaru Rambut berketombe bukan sekedar membuat kita kurang nyaman sebab kepala berasa gatal, dan juga mengganggu rasa yakin diri. Seringkali, kita akan merasakan cemas ketombe akan kelihatan di batang rambut atau berguguran serta melekat di pakaian. Kita juga jadi merasakan takut untuk bergerak bebas sebab cemas ketombe kelihatan.

Walau sebenarnya, keramas dengan teratur telah dikerjakan, tetapi ketombe masih saja mendekati. Selanjutnya kita jadi bertanya-tanya, apa yang salah dengan keadaan kulit kepala kita sampai ketombe ada sangat banyak? Apa karena shampo yang tidak cocok atau malah kebanyakan memakai perawatan rambut?

Hostcoremedia mengontak dr. Melyawati Hermawan SpKK yang berpraktik di Siloam Hospitals Yogyakarta, dia juga menerangkan pemicu serta langkah menangani permasalahan ketombe. Berikut penuturannya :

Dari Mana Asal Ketombe?

Apa yang mengakibatkan timbulnya ketombe?
Belum didapati dengan tentu. Tetapi disangka ada fungsi pada unsur genetik, unsur hormonal, serta yang lain. Sesaat ini bisa diyakinkan jika ketombe terkait dengan bakteri serta jamur di kulit kepala. Spesies jamur Malasezzia yang bertambah disangka terkait dengan timbulnya ketombe. Tipikal jamur ini mengonsumsi lemak yang terdapat dalam sebum, lalu membuahkan tersisa pencernaan berbentuk asam lemak yang membuat sel kulit kepala terusik. Dari sana, ada serpihan kulit mati berwarna putih.

Bagaimana agar kita terlepas dari jamur yang mengakibatkan ketombe itu?
Jangan senang menggaruk atau menggosok kulit kepala terlalu berlebih waktu keramas atau tidak. Keramas paling dikit 3x satu minggu serta teratur menyisir rambut untuk menahan penumpukkan sel kulit mati. Diluar itu, basuh rambut sampai bersih tiap habis keramas.


Benarkan memakai satu merk shampo kelamaan akan memunculkan ketombe?
Tidak benar, seperti yang telah diterangkan awalnya, ketombe terkait dengan jamur di kulit kepala. Tidak ada jalinan di antara waktu penggunaan type shampo dengan ketombe. Terdapatnya, pemakaian shampo yang tidak cocok dapat mengganggu keadaan kulit kepala serta mengakibatkan ketombe.

Apa yang membuat kondisi ketombe makin kronis?
Menggunakan shampo yang tidak sesuai keadaan kulit kepala, seringkali menggaruk, kebanyakan memakai bahan kimia seperti tonik, serum, serta pewarna rambut sebab bisa membunuh bakteri baik yang dibutuhkan untuk menantang jamur. Itu mengakibatkan peradangan makin bertambah kronis.

Apa bahan alami ampuh untuk hilangkan ketombe?
Tidak, berhati-hati pada penggunaan bahan alami yang terlalu berlebih. Umumnya orang senang menggunakan suatu berbahan alami sebab menganggap aman, tetapi bisa jadi justru membuat iritasi.

Jadi, kandungan apa yang dapat kita pakai untuk mengobati ketombe?
Zinc pyrithione, selenium sulfida, serta ketoconazole. Ke-3 kandungan ini memiliki potensi anti jamur jadi dapat mendesak populasi jamur Malasezzia pemicu ketombe.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *