Segudang Khasiat Dari Kelapa Hijau

Segudang Khasiat Dari Kelapa Hijau

Berita Terbaru Menenggak air kelapa hijau di tengah cuaca terik memang sangat menyegarkan. Airnya yang manis, ditambah daging buah kenyal yang langsung lumer di lidah, siapa yang sanggup menolak kesegaran kelapa hijau?

Di balik rasa segarnya yang ampuh dinginkan tenggorokan, kelapa hijau punya kandungan nutrisi yang padat. Misalnya mineral seperti mangan, zink, hingga selenium bersifat antioksidan ampuh menangkal radikal bebas. Masih banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kelapa hijau. Berikut ulasannya di bawah ini:

Segudang Khasiat Dari Kelapa Hijau

Membantu diet
Baik daging maupun air kelapa hijau, bisa disantap sebagai menu diet yang sehat dan pastinya nikmat. Dilansir dari data nutrisi US Department of Agriculture (USDA), kelapa hijau hampir tidak mengandung lemak. Tapi kandungan serat pada dagingnya terbilang tinggi, yakni sekitar 9 gram untuk setiap 100 gram daging kelapa hijau. Kandungan serat yang cukup, dapat melancarkan proses pencernaan, dan membantu mempertahankan rasa kenyang.

Mencegah dehidrasi
Kandungan air pada kelapa hijau lebih banyak daripada kelapa tua, yakni mencapai lebih dari 95 persen. Berdasarkan jurnal dari International Journal of Food Properties tahun 2018, kandungan mineral pada air kelapa hijau berfungsi menyeimbangkan elektrolit tubuh untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, rasa manis air kelapa hijau bisa dimanfaatkan sebagai minuman penambah energi, sekaligus pengganti cairan setelah berolahraga.

Menyehatkan jantung
Tingginya gula darah hingga kadar kolesterol yang melebihi batas normal, bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Nah, kandungan pada kelapa hijau bisa jadi pilihan untuk memperkecil risiko tersebut. Berdasarkan jurnal dari PubMed tahun 2012, kelapa hijau bisa melancarkan sirkulasi darah, serta menstabilkan gula darah, dan kolesterol jahat di tubuh. Air kelapa yang tinggi phenolic juga bisa melindungi tubuh dari penyakit kronis akibat radikal bebas.

Meredakan kembung
Kembung akibat menumpuknya gas dan air di perut, bisa diatasi dengan meminum air kelapa hijau. Sifat diuretik akan mempercepat pembentukan urin, sehingga cairan dan gas yang menumpuk bisa segera dikeluarkan. Tak hanya itu, kandungan serat pada daging kelapa juga akan melancarkan pencernaan sekaligus mengeluarkan racun.

Membuang racun di dalam tubuh
Air kelapa merupakan minuman bersifat diuretik yang berfungsi mengalirkan racun yang masuk ke tubuh. Kombinasi mineral, antioksidan, dan sifat antiracun pada air kelapa hijau, akan membuang racun sekaligus mengganti cairan tubuh yang hilang.
Bagaimana dengan kamu, suka minum kelapa hijau juga?

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *