Segudang Manfaat Ikan Tilapia

Segudang Manfaat Ikan Tilapia

Berita Terbaru Memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh tiap 23 Juli, Regal Springs Indonesia menyediakan produk ikan tilapia yang tidak cuma sehat tetapi gampang diproses. Ikan tilapia mempunyai nutrisi tinggi serta gampang diproses jadi menu yang disukai beberapa anak Indonesia.

Head of Sales & Marketing Regal Springs Indonesia Yeri Afrizon menjelaskan jika jadi bentuk perhatian pada anak Indonesia, pihaknya menyiapkan hasil budidaya serta pengolahan ikan yang sudah memenuhi semua standard peraturan. “Dalam rangka Hari Anak tahun ini, kami ingin berperan pada usaha pemenuhan gizi anak dengan mendatangkan pilihan ikan air tawar yang sehat serta penuh gizi serta nutrisi, yang berguna buat perkembangan serta perubahan anak di Indonesia,” tutur Yeri dalam infonya.

Segudang Manfaat Ikan Tilapia

Menurut data Riset Kesehatan Dasar 2018 Kementerian Kesehatan RI, gizi anak Indonesia masih ada dalam bahaya, walau terjadi penurunan angka gizi buruk serta stunting. Angka gizi kurang turun dari 19,8 % ke 17,7 %. Kehadiran anak stunting turun dari 37,8 % jadi 30,8 %.

Sebaliknya, ahli bioteknologi makanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Dase Hunaefi mengutarakan jika angka obesitas justru condong bertambah. Hal itu disebabkan oleh skema diet yang salah dan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula terlalu berlebih.

“Indonesia alami double burden malnutrition, atau biasa disebutkan gizi ganda. Satu bagian beberapa anak Indonesia masih ada yang alami kekurangan gizi serta stunting, di lain sisi beberapa anak alami over malnutrition obesitas,” katanya.

Dase menjelaskan, beberapa anak Indonesia memerlukan keseimbangan, karena persoalan gizi anak terkait dengan pola diet serta kebiasaan konsumsi. Beberapa anak yang kekurangan gizi umumnya memercayakan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat saja hingga alami KEP (kekurangan daya protein). Mengakibatkan, mereka akan alami masalah perubahan otak hingga tidak dapat tumbuh dengan normal.

Sebaliknya, beberapa anak yang termasuk over malnutrition sebenarnya telah memenuhi keperluan gizinya. Tetapi sebab karakter manja serta kasih sayang terlalu berlebih dari orangtua, beberapa anak dibiarkan konsumsi makanan yang tidak sehat. Umumnya berbasiskan daging serta minuman dengan kandungan gula tinggi, sedang mengonsumsi ikan serta sayuran kurang disukai.

Ikan, lanjut Dase, memiliki kandungan asam lemak mendasar serta protein tinggi. Protein akan menolong regenerasi sel serta untuk perkembangan sel anak. Mengenai asam lemak mendasar penting buat kesehatan serta perkembangan sel otak anak.

Kandungan mineralnya membantu peranan faal tubuh supaya bekerja dalam pertumbuhan dengan benar-benar baik, misalnya kalsium serta magnesium yang penting untuk tulang. Sedang vitamin yang ada pada ikan penting perawatan kesehatan badan serta peranan biokimia tubuh.

Tilapia Gampang Diproses Jadi Menu Kegemaran Anak-Anak

Menu ikan bukan menu yang bisa disenangi dengan gampang oleh beberapa anak. Orangtua perlu berusaha ekstra untuk menyediakan lauk berbahan dasar ikan jadi menu intinya. Tidak hanya memiliki kandungan omega-3 serta omega-6 yang imbang serta memenuhi keperluan gizi anak, menurut chef terkenal Norman Ismail, tilapia cukup gampang diproses serta jadi menu kegemaran beberapa anak.

Bercermin pada masalah anak-anaknya sendiri, Chef Norman menjelaskan awalannya anak-anaknya kurang suka pada ikan, walau sebenarnya nutrisinya benar-benar diperlukan dalam tumbuh kembang mereka. Chef Norman selanjutnya mengakali dengan mendatangkan ikan dalam bentuk yang lain, contohnya berbentuk bakso serta sate.

“Makin lama mereka familiar dengan rasa serta teksturnya, hingga selanjutnya suka pada ikan tilapia,” tutur Norman.

Memasak tilapia tidak memerlukan waktu lama. Jika potongan fillet-nya tidak tebal, setiap sisi cuma perlu 2 menit untuk matang serta siap disantap. Apalagi, ikan tilapia itu enak dibuat dengan menu apa saja, bisa menu western, Asia, atau masakan lokal Indonesia.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *