Fakta Unik Mengenai Siput Indah Hermissenda Opalescens

Fakta Unik Mengenai Siput Indah Hermissenda Opalescens

Berita Terbaru Tidak terhitung begitu banyaknya spesies hewan yang mengagumkan di bumi ini. Begitupun dengan keanekaragaman spesies hewan laut. Tidak cuma ikan-ikan cantik, siput laut satu ini mempunyai bentuk yang memesona! Diantaranya ialah Hermissenda opalescens, siput laut berwarna cerah yang tinggal di kedalaman 0-40 mtr. dibawah permukaan laut.Seperti apa fakta-fakta menarik sekitar siput laut Hermissenda opalescens? Baca selanjutnya melalui artikel di bawah ini!

Fakta Unik Mengenai Siput Indah Hermissenda Opalescens

Mempunyai warna tubuh orange cerah
Keunikan paling menonjol dari Hemissenda opalescens ialah warna tubuhnya yang oranye menonjol dengan garis-garis putih. Siput laut ini datang dari genus Hermissenda serta famili Facelinidae. Hewan ini hidup di kedalaman 0-40 mtr. dibawah permukaan laut, papar situs Sanctuary Simon.

Menyebar luas di wilayah Amerika Utara
Dimana kita dapat temukan siput laut ini? Habitatnya menyebar luas di Amerika Utara, persisnya di Amerika Serikat, Meksiko sampai Alaska. Siput laut ini gampang ditemukan di wilayah Bahia de los Angeles, satu pantai di Semenanjung Baja California, Meksiko. Penyebarannya tumpang tindih dengan kerabatnya, Hermissenda crassicornis.

Mempunyai ukuran yang mungil, cuma 5 cm!
Ingin tahu, sebesar apa sih siput laut satu ini? Nyatanya, ukurannya cuma 50 mm alias 5 cm saja! Hermissenda opalescens dapat tumbuh sampai 8,3 cm serta lebar 1 cm. Bila ingin menemui siput laut ini, cari di pantai yang berbatu karang, teluk, muara sampai area di mana rumput laut biasa tumbuh.

Perbedaan Hermissenda opalescens serta Hermissenda crassicornis
Hermissenda opalescens mempunyai kerabat dekat bernama Hermissenda crassicornis. Perbedaan antara kedua-duanya terletak di bagian cerata. Organ ini dipakai untuk pernapasan, pencernaan serta menangkis predator. Untuk crassicornis, sisi cerata mempunyai garis putih yang memanjang ke atas, sementara opalescens tidak.

Adalah hewan yang kanibal!
Nyatanya, Hermissenda opalescens ialah hewan karnivora serta dapat menjumpai mangsa lewat aroma kimia di air. Siput ini adalah hewan kanibal. Saat dua siput berjumpa, mereka akan berkelahi serta menggigit potongan jaringan keduanya. Siput ini memangsa karang soliter serta anemon stroberi.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *