Macam-Macam Gangguan Pencernaan Serta Tips Menanganinya

Macam-Macam Gangguan Pencernaan Serta Tips Menanganinya

Berita Terbaru Tidak sedikit orang yang mempunyai permasalahan pencernaan. Mempunyai permasalahan pencernaan benar-benar sangat mengganggu kegiatan kita seharian. Sebabnya berbagai macam, seperti pola makan yang salah, depresi sampai diwariskan dengan genetis dari orangtua ke anak. Akan makin kronis jika permasalahan pencernaan ini tidak diatasi secara baik.Ingin tahu tidak, apa permasalahan pencernaan yang paling umum berlangsung? Serta bagaimanakah cara menanganinya? Dapatkan jawabannya berikut ini!

Macam-Macam Gangguan Pencernaan Serta Tips Menanganinya

Sembelit
Hayo, siapa sich yang tidak pernah sembelit? Feses yang biasanya lancar, sekarang jadi keras serta sulit dikeluarkan! Pemicu utamanya bersumber dari skema makan. Kebanyakan konsumsi lemak serta kurang konsumsi serat dan cairan ialah pemicunya. Bukan itu saja, sembelit dapat juga dikarenakan obat atau suplemen.

Lalu, bagaimanakah cara menangani sembelit? Dianjurkan untuk konsumsi makanan memiliki serat tinggi, seperti sereal, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan serta sayur fresh. Lalu, naikkan kegiatan fisik dengan berjalan kaki. Jika masih tidak mempan, coba mengonsumsi obat pencahar atau pelunak tinja. Tapi, jangan sering, ya!

Asam lambung/GERD
Sudah pernahkah kamu merasakan mulas, sensasi terbakar, batuk, mulut berasa asam sampai sensasi menusuk dari perut serta dada lalu naik ke tenggorokan? Bisa saja, kamu alami gastro-esophageal reflux disease atau GERD. Ini berlangsung saat asam lambung bocor sebab katup di antara kerongkongan serta lambung tidak berperan secara baik.

Supaya GERD tidak mengganggu, kamu butuh menghindarkan makanan sebagai pemicunya. Seperti daging, makanan berminyak serta tinggi lemak, makanan yang tinggi garam sampai makanan kaya lemak jemu seperti susu atau keju. Tidak dianjurkan juga untuk konsumsi makanan pedas, bersoda serta minuman mengandung alkohol.

Masalah pencernaan
Apa kamu pernah alami rasa sakit serta pegal di perut sisi atas? Bisa saja, kamu alami masalah pencernaan! Mempunyai nama lain gastritis atau dispepsia, masalah ini dapat dipacu oleh makanan, obat-obatan serta alkohol. Keadaan ini umum berlangsung pada beberapa orang berumur 45-65 tahun, jelas National Center for Biotechnology Information.

Ada langkah alami untuk mengobati masalah pencernaan, seperti konsumsi teh peppermint, teh chamomile, cuka sari apel, jahe serta air lemon. Situs American Association of Retired Person merekomendasikan untuk konsumsi makanan dalam bagian kecil, kunyah perlahan-lahan, kurangi rokok serta berjalan singkat sesudah makan.

Divertikulosis
Merasakan asing dengan namanya? Divertikulosis umum berlangsung pada lanjut usia. Pada lelaki berumur 80 tahun atau lebih, divertikulosis berlangsung pada 299 dari 100 ribu orang. Sesaat, untuk wanita di barisan umur yang sama, divertikulosis berlangsung pada 436 dari 100 ribu orang. Ini disampaikan oleh National Center for Biotechnology Information.

Gejalanya diikuti dari demam, kembung serta ngilu perut hebat dibagian kiri bawah. Langkah menanganinya dengan konsumsi makanan cair, minum antibiotik serta istirahat. Supaya kapasitas skema pencernaan tidak begitu berat, coba mengonsumsi makanan rendah serat. Bila keadaan semakin lebih buruk, jangan sangsi untuk pergi ke dokter, ya!

Sindrom iritasi usus
Masalah pencernaan lain yang seringkali berlangsung ialah sindrom iritasi usus. Gejalanya bervariasi, dari mulai ngilu perut, kram, kembung, kelebihan gas sampai diare serta sembelit yang berlangsung berganti-gantian. Sisi otot usus pasien akan rusak serta berkontraksi begitu cepat. Sindrom iritasi usus dapat dipacu oleh makanan, depresi serta hormon.

Lalu, bagaimanakah cara menanganinya? Dokter akan merekomendasikan pasien untuk menghindarkan makanan tinggi gas atau makanan yang memiliki kandungan gluten. Umumnya, dokter akan merekomendasikan pasien untuk mengonsumsi obat-obatan tersendiri, seperti alosetron (Lotronex), eluxadoline (Viberzi) serta rifaximin (Xifaxan), jelas Mayo Clinic.

Penyakit Crohn
Merasakan tidak familier dengan penyakit Crohn? Ini adalah penyakit radang usus dimana peradangan akan melukai usus. Gejalanya bermacam, dari mulai ngilu perut, diare, cedera di seputar anus, ngilu sendi, demam, kehilangan nafsu makan serta mengakibatkan kecapekan, papar situs Harvard Health Publishing.

Untuk menanganinya, dokter akan merekomendasikan obat-obatan untuk menahan peradangan di usus. Dokter akan merekomendasikan obat anti-inflamasi, seperti aminosalisilat untuk mendesak peradangan di usus, antibiotik untuk membunuh bakteri sampai obat anti diare bila kita mempunyai diare. Jika ada sumbatan di usus, pembedahan benar-benar dianjurkan.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *