Tindakan Tepat Tangani Mata Anak Kelilipan

Tindakan Tepat Tangani Mata Anak Kelilipan

Berita Terbaru sudah pernahkah mata anak Anda kemasukan benda asing? Contohnya saat dia sedang bersepeda di sekitar rumah, debu atau pasir yang tertiup angin bisa jadi masuk ke mata. Tentu si kecil langsung ramai, ya? Khususnya jika dia masih umur balita. Lumrah saja, anak pasti merasakan tidak nyaman sebab benda asing di matanya.

Saat ini berlangsung, ada orangtua langsung tiup mata anak. Ada pula, yang berupaya mencucinya dengan air. Atau ada langkah yang lain?

Mencuplik Mayo Clinic, nyatanya yang paling benar ialah meminta anak selekasnya mengedipkan matanya seringkali.Kedipan mata umumnya dengan automatis dapat bersihkan sendiri benda dari udara.

Tetapi, bila kedipan mata tidak dapat keluarkan benda asing dari mata si kecil, bantulah anak untuk keluarkan benda asing itu lewat cara berikut ini:

Tindakan Tepat Tangani Mata Anak Kelilipan

-Cucilah tangan Anda dengan cermat. Lalu, meminta si kecil duduk dalam tempat yang cukup jelas.
-Coba mencari dimana persisnya tempat benda asing itu di mata. Periksa mata dengan menarik kelopak bawah mata dengan perlahan-lahan ke bawah serta minta si kecil lihat ke atas. Lakukan mekanisme yang sama untuk kelopak atas serta minta anak kembali untuk lihat ke bawah.
-Jika benda itu menempel dalam bola mata, tutupi mata dengan kain kasa steril atau kain yang bersih. Jangan coba-coba keluarkan benda itu! Selekasnya meminta pertolongan ke unit gawat darurat terdekat.
-Jika benda itu besar hingga susah untuk menutup mata, meminta anak menutup mata dengan kerucut kertas serta rekatkan pada wajah serta dahi. Segera mencari pertolongan medis.
-Bila benda itu melayang-layang pada selaput cairan mata atau permukaan mata, coba mengguyurnya keluar atau mungkin dengan memakai tangan. Sementara menahan kelopak atas atau bawah masih terbuka, pakai saputan kapas basah atau ujung kain yang bersih untuk membuang benda asing itu. Bila tidak bisa mengeluarkannya dengan mudah, tutuplah kedua mata dengan kain lembut.
-Bila sukses mengelurkan benda asing dari mata anak, guyurlah matanya dengan cairan pembersih mata atau air bersih.
-Apabila mata masih berasa ada yang sakit, mata masih kelihatan merah atau merasakan ada masalah dengan pandangan, karena itu segeraklah mencari bantuan medis darurat.

Tetapi jika Anda telah coba beberapa cara di atas untuk keluarkan benda asing dari mata anak tetapi gagal, karena itu cepatlah mencari bantuan medis darurat.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *