Kiat-Kiat Dalam Merawat Luka Pada Pasien Diabetes

Kiat-Kiat Dalam Merawat Luka Pada Pasien Diabetes

Berita Terbaru Luka diabetes yang sering menyerang ruang kaki jadi momok yang mengerikan bagi penderitanya. Pasalnya , penyembuhannya perlu waktu lama. Jika tidak diatasi secara benar, cedera itu malah dapat alami infeksi, serta berbuntut amputasi. Oleh karena itu, lakukan beberapa cara merawat luka diabetes yang baik dan benar di bawah ini.

Kiat-Kiat Dalam Merawat Luka Pada Pasien Diabetes

Membersihkan luka
Mengenai langkah pertama yang dapat dilakukan saat memperoleh luka ialah bersihkan cedera dari kotoran dengan air yang mengalir serta sabun. Kemudian, keringkan serta berikan luka dengan salep antibiotik yang direferensikan dokter supaya luka terlepas dari kuman. Janganlah lupa untuk mengganti pembalut luka dengan berkala supaya keadaan luka terjaga kebersihannya.

Kurangi tekanan pada luka
Hindari memberi tekanan pada wilayah luka sebab bisa membuat makin bertambah kronis. Bila luka ada di telapak kaki, semestinya pakai bantalan yang empuk atau alas kaki khusus supaya tidak memperburuk keadaan luka. Diluar itu, bila luka ada pada anggota tubuh usahakan jangan mengenakan pakaian ketat sebab hal itu dapat memberi tekanan pada luka.

Lihat tanda-tanda infeksi
Berlangsungnya infeksi pada luka diabetes umumnya akan diawali dengan gejala-gejala yang umum, seperti demam, rasa sakit, kemerahan, pembengkakan, serta rasa hangat di sekitar luka. Diluar itu, infeksi dapat juga diikuti dengan luka yang berair, bernanah, dan bau tidak sedap. Ketahui tanda infeksi secepat mungkin supaya luka tidak makin kronis.

Jauhi adu fisik pada cedera
Tidak hanya menghindarkan desakan, salah satunya usaha untuk menjaga cedera diabetes yang lain dengan tidak lakukan adu fisik pada cedera. Karena, hal itu bisa memperburuk keadaan luka serta mengakibatkan infeksi.

Penuhi konsumsi makanan
Salah satu langkah untuk mempercepat proses pengobatan luka dengan memperhatikan konsumsi nutrisi harian pada tubuh. Biasanya, nutrisi yang penting untuk menjaga luka diabetes ialah protein. Karena, protein diketahui bisa membantu memperbaiki jaringan kulit serta jaringan tubuh yang lain waktu alami kerusakan.

Rawat serta periksa luka dengan berkala
Walau seseorang pasien cuma mengalami luka kecil, namun hal itu tidak bisa disepelekan. Karena, luka kecil yang tidak dirawat dengan baik dan benar akan menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang bisa mengakibatkan infeksi. Oleh karenanya, perlu perawatan luka dengan berkala buat penderita diabetes supaya betul-betul bisa tenang dari bahaya infeksi.

Hubungi dokter
Bila luka tidak membaik dalam tempo 48 jam, karena itu pasien dianjurkan untuk selekasnya mengontak dokter. Karena, dalam keadaan itu bisa cedera berkembang menjadi makin kronis sampai sulit untuk diatasi.

Pengidap diabetes tentu pantas berhati-hati supaya tidak alami luka, khususnya pada area kaki yang sirkulasi darahnya paling tidak lancar. Tetapi bila sudah terburu luka, beberapa cara di atas dapat membantu. Mudah-mudahan berguna!

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *