Beragam Bahan Alami Yang Berkhasiat Menyehatkan Gusi

Beragam Bahan Alami Yang Berkhasiat Menyehatkan Gusi

Berita Terbaru Tidak hanya kesehatan gigi, gusi harus tetap dilihat kebersihannya. Masalahnya keduanya dapat mengubah kesehatan badan pada umumnya. Jika tidak dijaga secara baik, efek timbulnya beberapa penyakit dapat meningkat. Ditambah lagi, mulut kita dipenuhi dengan bakteri yang dapat menginfeksi sisi gigi serta gusi. Kadang, menggosok gigi saja tidak cukup untuk menyingkirkan bakteri di mulut.

Nah, salah satunya langkah untuk jaga kebersihan gigi serta gusi dengan rajin berkumur. Jika kurang senang dengan obat kumur yang di jual di market, ada pula deretan bahan alami yang punyai peranan sama, kok.Berikut Hostcoremedia rangkum beberapa bahan alami yang berguna memperhatikan kesehatan gusi:

Beragam Bahan Alami Yang Berkhasiat Menyehatkan Gusi

Daun neem
Daun yang sering dipakai dalam cara penyembuhan tradisionil India –Ayurveda– ini mempunyai elemen antibakterial yang dapat menolong jaga kebersihan mulut. Diluar itu, kandungan itu dapat dibuktikan dapat tingkatkan kesehatan gusi.

Sebuah riset pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine mengetes 105 beberapa anak yang menggunakan obat kumur dengan tiga kandungan berlainan; neem, mangga, serta antiseptik chlorhexidine sepanjang tiga minggu. Hasilnya, ke-3 jenis obat kumur itu efisien dalam kurangi plak serta radang gusi.

Minyak tea tree
Salah satu bahan alami yang ampuh menurunkan radang gusi ialah minyak tea tree. Satu riset yang diterbitkan dalam Contemporary Clinical Dentistry di tahun 2014 tunjukkan, berkumur memakai kombinasi minyak tea tree bisa kurangi pendarahan yang disebabkan oleh radang gusi. Untuk membuat, campurkan tiga tetes minyak tea tree dalam secangkir air hangat serta pakai untuk berkumur dua kali sehari.

Kunyit
Memiliki kandungan elemen anti-inflamasi serta antijamur, kunyit bisa menurunkan peradangan pada gusi. Riset di tahun 2015 yang diterbitkan dalam National Journal of Maxillofacial Surgery temukan, gel yang memiliki kandungan kunyit bisa menolong menahan terbentuknya plak pada gigi serta memperhatikan kesehatan gusi. Sekarang, banyak produk kesehatan gel kunyit yang ada di pasaran. Atau, kamu dapat juga membuat sendiri dengan mencampurkan 1/4 sendok teh bubuk kunyit dengan 1/8 minyak kelapa.

Buah cranberry
Cranberry bisa menahan bakteri melekat di gigi, hingga dapat membuat perlindungan gusi dari iritasi serta peradangan. Diluar itu, studi yang diterbitkan dalam Journal of Periodontal Research di tahun 2013 tunjukkan, jika senyawa yang diketemukan dalam cranberry bisa menolong mengendalikan peradangan berkaitan periodontitis.

Daun sage
Studi tahun 2015 yang diterbitkan Iranian Journal of Microbiology temukan, berkumur memakai daun sage bisa kurangi bakteri pemicu plak dengan relevan. Elemen antibakterialnya dapat juga membuat perlindungan gusi dari peradangan. Untuk membuat obat kumur memiliki bahan dasar daun sage, campurkan dua sendok teh daun sage fresh atau satu sendok teh daun sage kering ke air mendidih. Rebus sepanjang 10 menit, lalu saring serta diamkan sampai dingin. Pakai obat kumur ini dengan teratur agar kesehatan gusi masih terjaga.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *